SIMULASI TANAH LONGSOR DI DESA HARGOMULYO

Jum`at, 21 Juli 2017 10:02:35 - Oleh : BPBD KULON PROGO

Simluasi Tanah Longsor Desa Hargomulyo,Kokap

Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Lingkungan BPBD Kab. Kulon Progo

Kulon Progo Siaga Darurat Kekeringan

Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-72 di BPBD Kab. Kulon Progo

SOSIALISASI DAN SIMULASI BAHAYA KEBAKARAN DI AREA PASAR WATES

SIMULASI TANAH LONGSOR DI DESA HARGOMULYO

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kulon Progo bekerja sama dengan BPBD DIY melakukan gladi lapang simulasi bencana tanah longsor di Desa Hargomulyo, Kokap pada hari Senin tanggal 17 Juli 2017. Kegiatan ini merupakan kegiatan akhir dari tahap pembentukan desa tangguh bencana.

 

Kegiatan gladi lapang tanah longsor yang dilaksanakan merupakan rangkaian pembentukan/pengembangan Desa Tangguh Bencana di desa Hargomulyo, Kokap. Setelah selesai gladi dan evaluasi, dilakukan penetapan Desa Hargomulyo, Kokap sebagai Desa Tangguh Bencana.

Kabupaten Kulon Progo merupakan daerah rawan bencana. Oleh karena itu kita tidak dapat menghindar dari bencana tanah longsor, dan kita hanya bisa mengurangi resikonya. Sehingga Pemerintah Kabupaten Kulon Progo bekerja sama dengan BPBD DIY mengupayakan berbagai tindakan yang berkelanjutan dalam pengurangan resiko bencana berbasis masyarakat. Salah satu tindakan yang sudah dilakukan adalah mengusahakan Desa-Desa Rawan Bencana menjadi Desa Tangguh Bencana.

Tujuannya antara lain :
1. Agar masyarakat desa mampu mengenali ancaman dan menggunakan sumber daya yang ada dalam menanggulangi bencana/peningkatan kapasitas masyarakat.
2. Agar masyarakat mampu berkontribusi untuk mengintegrasikan pengurangan resiko bencana dalam perencanaan pembangunan desa.

 

 

Pada tahapan selanjutnya nanti akan diusahakan adanya peraturan desa tentang kebencanaan yang dapat mendukung peran forum dalam Pengurangan Resiko Bencana di Desa, dengan mengalokasikan anggaran desa untuk kebencanaan.

****)

 

« Kembali | Kirim | Versi cetak