SOSIALISASI DAN SIMULASI BAHAYA KEBAKARAN DI AREA PASAR WATES

Jum`at, 21 Juli 2017 11:11:31 - Oleh : BPBD KAB KULON PROGO

SIMULASI PENANGANAN BAHAYA KEBAKARAN

Kulon Progo Siaga Darurat Kekeringan

Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-72 di BPBD Kab. Kulon Progo

SOSIALISASI DAN SIMULASI BAHAYA KEBAKARAN DI AREA PASAR WATES

SIMULASI TANAH LONGSOR DI DESA HARGOMULYO

SOSIALISASI PEMADAMAN BAHAYA KEBAKARAN OLEH BPBD KABUPATEN KULON PROGO

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kulon Progo pada hari Selasa tanggal 18 Juli 2017 melakukan sosialisasi bahaya kebakaran dan simulasi pemadaman kebakaran di area publik. Hal ini selain untuk menyukseskan program kerja 100 Bupati-Wabup Kulon Progo, juga untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat tentang Bahaya kebakaran.

Lokasi yang diambil untuk kegiatan ini adalah area sekitar Pasar Wates dengan pertimbangan area tersebut merupakan kawasan public dengan resiko kebakaran tinggi. Dengan kegiatan ini diharapkan kesadaran dan perilaku masyarakat dapat berubah untuk dapat meminimalisir potensi penyebab kebakaran dan masyarakat tahu apa yang harus dilakukan apabila terjadi kebakaran.

Sasaran dari kegiatan ini adalah pedagang pasar Wates dan mayarakat sekitar Kelurahan Wates dengan harapan peserta yang mendapat sosialisasi ini dapat memberikan penjelasan kepada orang lain tentang bahaya kebakaran.

Kegiatan Sosialisasi dan simulasi dibagi dalam 2 tahap kegiatan;

a.       Sosialisasi Kebakaran

Sosialisasi dilakukan di Ruang Pertemuan Kelurahan Wates. Pertemuan ini dihadiri oleh perwakilan pedagang dan masyarakat sekitar 100 orang. Materi pertemuan ini tentang bahaya kebakaran dan cara-cara mencegah dan menanggulangi bahaya kebakaran.

b.      Simulasi Pemadaman Kebakaran

Simulasi Pemadaman Kebakaran dilakukan di depan Pasar Wates yang diikuti oleh peserta sosialisasi ditambah dengan para pedagang, pembeli dan masyarakat umum yang ada di sekitar Pasar Wates.

Simulasi dilakukan dalam empat tahapan :

1.      Penanganan kebakaran yang berasal dari tabung gas

2.      Penanganan kebakaran skala kecil/sedang menggunakan kain basah

3.      Penanganan kebakaran skala kecil/sedang menggunakan APAR

4.      Penanganan kebakaran skala besar menggunakan Mobil Damkar

Masyarakat umum sangat antusias terhadap pelaksanaan simulasi ini, ditunjukkan dengan adanya peran aktif masyarakat dalam simulasi. Terlihat masyarakat sangat ingin mengetahui tentang bahaya kebakaran dan cara pencegahan serta penanggulangannya.

Program ini kedepan akan terus dilaksanakan di area-area publik yang lain dengan tujuan akhir berkurangnya dampak kerusakan dan kerugian dari bahaya kebakaran.

Himbuan:

Menghadapi musim kemarau/kering diharapkan masyarakat untuk lebih waspada dan berupaya mencegah terjadinya kebakaran. Apabila terjadi kebakaran segera menghubungi Pemadam kebakaran Kabupaten Kulon Progo dengan nomor telepon (0274) 775113

 

« Kembali | Kirim | Versi cetak