FENOMENA LA NINA MENGHAMPIRI KULON PROGO

Fenomena alam La Nina merupakan fenomena iklim global yang ditandai dengan adanya anomali suhu muka air laut di Samudera Pasifik tengah ekuator. Di lokasi tersebut, suhu muka air laut lebih dingin dari biasanya. BMKG  menyatakan fenomena alam La Nina diprediksi berlangsung pada Oktober 2020 hingga Maret 2021 mendatang.

Fenomena La Nina berdampak pada penambahan curah hujan di wilayah Indonesia yang saat ini sudah memasuki musim Penghujan. Dengan peningkatan curah hujan tersebut, biasanya bencana hidrometeorologi akan lebih sering terjadi.

Di Kulon Progo, Dampak La Nina sudah mulai terasa, akibat hujan deras yang mngguyur Kulon Progo pada tanggal 26 dan 27 Oktober 2020, terdapat 4 kejadian tanah longsor dan 3 Kejadian banjir yang melanda sebagian wilayah Kulon progo.

Diharapkan masyarakat Kulon Progo tetap menjaga kewaspadaan dan kesiapsiagaan terhadap ancaman Lanina seperti angina ribut, tanah longsor dan banjir. Masyarakat agar tetap menjalin koordinasi dengan forum pengurangan resiko bencana wilayah masing-masing sehingga potensi ancaman dapat terdeteksi.