HASIL SEMENTARA PENILAIAN KETANGGUHAN DESA OLEH BPBD DIY

Sekitar Bulan September 2020, BPBD DIY mengadakan kegiatan penilaian mandiri ketangguhan bencana desa/kalurahan. Sasaran dari kegiatan ini adalah semua desa/kelurahan yang ada di DIY.

Penilaian mandiri ketangguhan bencana desa adalah salah satu upaya untuk memetakan kemampuan dalam  penanggulangan bencana. Penilaian ketangguhan bencana tingkat desa/kelurahan merupakan perangkat alat hitung ketangguhan desa melalui indikator-indikator dan komponen yg telah disusun. Perangkat tersebut berdasarkan Standar Nasional Indonesia (SNI) 8357 : 2017, tentang Desa dan Kelurahan Tangguh Bencana.

Perangkat penilaian ini menilai 5 komponen, terdiri dari komponen 1: kualitas dan akses layanan dasar, serta komponen 2: dasar sistem penanggulangan bencana. Kedua komponen tersebut merupakan indikator dasar / pondasi, seperti termaktub dalam SNI, untuk memastikan usaha-usaha penguatan ketangguhan dapat berjalan dengan baik. Komponen berikutnya, komponen 3: pengelolaan risiko bencana; komponen 4: kesiapsiagaan darurat, dan komponen 5: kesiapsiagaan pemulihan. Ketiga komponen ini merupakan representasi proses untuk mewujudkan indikator hasil dalam SNI. Oleh karenanya, komponen 1 dan 2 menjadi dasar bahwa komponen berikutnya dapat dilaksanakan dengan baik atau tidak.

Di Kulon Progo terdapat 87 Kalurahan dan 1 Kelurahan yang disasar untuk melaksanakan kegiatan penilaian mandiri, dari ke 88 Kalurahan/kelurahan tersebut, baru 67 Kalurahan/Kelurahan yang ikut dalam Penilaian ketangguhan desa, sedangkan 21 Kalurahan belum memasukan input penilaian sehingga masih belum muncul indikator untuk 21 Kalurahan tersebut.

Dari 67  Kalurahan yang berkontribusi dalam penilaian, terdapat 4 Kelurahan yang termasuk dalam Kategori Desa Tangguh Bencana Utama, 28 desa Tangguh bencana Madya dan 35 Desa Tangguh Bencana Pratama.

Diharapkan agar 21 Kalurahan yang belum memasukkan penilaian mandiri ketangguhan desa untuk segera memasukkan indikator penilaian agar kategori kalurahan-kalurahan tersebut dapat terpetakan. Hasil pemetaan ini sangat penting sebagai dasar untuk menentukan arah kebijakan baik Kabupaten, Provinsi maupun Pusat.

Untuk penilaian ketangguhan desa, Kalurahan dapat klik link berikut ini:

Penilaian Ketangguhan Desa : https://sites.google.com/upnyk.ac.id/pkddiy/home

Penilaian Resiko Covid : https://forms.gle/EA3KjAee8au6Z8Jg9