KEJADIAN TANAH LONGSOR MEWARNAI PENGHUJUNG BULAN OKTOBER 2020

Akibat fenomena La Nina yang melanda Kabupaten Kulon Progo akhir-akhir ini membawa dampak yang cukup signifikan terhadap kejadian kebencanaan di Kulon Progo. Setelah beberapa hari yang lalu terdapat beberapa kejadian tanah longsor dan banjir, pada tanggal 31 Oktober 2020, terjadi peristiwa longsor yang mengancam rumah tinggal.

Akibat hujan yang mengguyur sebagian besar wilayah Girimulyo, terjadi bencana tanah longsor yang terjadi di RT 91, RW 22, Jonggrangan, Jatimulyo, Girimulyo. Longsor dengan volume panjang 12 meter, lebar 6 meter dan tinggi 8 meter. Kejadian tersebut mengancam 3 KK yang berada di sekitar daerah longsor dan sangat berpotensi terjadi longsor susulan. Saat ini FPRB dan Pemerintah Kalurahan Jatimulyo telah berkoordinasi dengan BPBD Kulon Progo untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Masyarakat terutama yang berada di daerah rawan longsor dan banjir, saat ini diharapkan tetap waspada karena fenomena La Nina yang berdampak pada peningkatan curah hujan masih akan terus terjadi di beberapa waktu mendatang.