PENINGKATAN KAPASITAS KAMPUNG SIAGA BENCANA GULUREJO

Kampung Siaga Bencana (KSB) Kalurahan Gulurejo dibentuk Tahun 2017 oleh Dinas Sosial dan Tenaga Kerja, Transmigrasi  Kabupaten Kulon Progo.

Dengan dibentuknya Kampung Siaga Bencana diharapkan dapat memberikan perlindungan kepada masyarakat dari resiko dan ancaman bencana dengan cara menyelenggarakan kegiatan penanggulangan berbasis masyarakat melalui pemanfaatan sumber daya alam dan manusia yang ada pada lingkungan masyarakat setempat. Pembentukan Kampung Siaga Bencana itu mempunyai tujuan :

  1. Memberikan pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang bahaya dan resiko bencana
  2. Membentuk jejaring masyarakat siaga bencana berbasis masyarakat di DIY
  3. Mengorganisir potensi masyarakat terlatih dalam penanggulangan bencana
  4. Memberikan kepastian bahwa penanggulangan bencana berbasis masyarakat berjalan berkesinambungan mulai dari sebelum, pada saat dan setelah bencana
  5. Memperkuat solidaritas inter dan anggota masyarakat.
  6. Mengoptimalkan potensi dan sumber daya masyarakat dalam penanggulangan bencana

Pada tanggal 6 November 2020, Kalurahan Gulurejo mengadakan acara pembinaan dan peningkatan kapasitas KSB Gulurejo. Acara tersebut yang didanai APBDes, menghadirkan BPBD Kabupaten Kulon Progo sebagai narasumber pelaksanaan kegiatan. Seiring dengan perkembangan jaman, KSB Gulurejo akan lebih optimal bila didukung dengan adanya Kalurahan Tangguh Bencana, karena Kalurahan Tangguh Bencana dapat melaksanakan kegiatan dari pra bencana, saat bencana maupun pasca bencana. Dengan adanya sinergitas yang baik antara KSB dengan Kalurahan Tangguh Bencana maka upaya pengurangan resiko bencana terhadap masyarakat Gulurejo akan lebih optimal.

Dengan pemahaman masyarakat yang meningkat maka diharapkan masyarakat sadar akan diri dan lingkungannya serta dapat hidup harmoni dengan bencana.