SIMULASI PEMADAMAN KEBAKARAN DI KALURAHAN JATIREJO

Untuk meningkatkan kemampuan dan kapsitasnya, Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat (FKPM) Rukun Jati, Jatirejo dan SAR DIY Distrik Lendah beberapa waktu yang lalu berkoordinasi dengan BPBD untuk melaksanakan kegiatan sosialisasi dan simulasi pemadaman kebakaran bagi anggota FKPM, SAR dan Masyarakat Jatirejo. Selama ini baik FKPM maupun SAR belum pernah mendapatkan pelatihan pemadaman tersebut.

Kebakaran adalah suatu nyala api baik baik kecil atau besar pada tempat yang tidak kita kehendaki. Kebakaran merupakan salah satu bencana dari 10 potensi bencana yang ada di Kulon Progo. Beberapa tahun terakhir ini kejadian kebakaran di Kulon Progo cenderung terus meningkat. Penyebab kebakaran di pemukiman saat ini kebanyakan korsleting listrik, kompor lupa dimatikan dan pembakaran sampah dan lain sebagainya, sedangkan kebakaran lahan kebanyakan akibat kelalaian manusia dan faktor alam.

Di Kulon Progo dengan luas mencapai 586 kilometer persegi idealnya paling tidak mempunyai 5 pos pemadam kebakaran yang tersebar di seluruh wilayah agar pelayanan terhadam pemadaman kebakaran lebih maksimal. Namun saat ini baru memiliki 1 pos pemadaman yang berpusat di Ibukota Kabupaten dengan jumlah personal 16 orang. Dengan kondisi yang jauh dari ideal ini diperlukan kerja keras seluruh petugas PBK (Penolong Bahaya Kebakaran).

Mengingat keterbatasan sarana dan prasarana maka untuk mengurangi potensi terjadinya kebakaran, perlu adanya peningkatan pemahaman masyarakat terhadap bencana kebakaran. Dengan pemahaman yang lebih baik, diharapkan potensi terjadinya bencana kebakaran dapat dikurangi.

Setelah disepakati antara FKPM dan BPBD DIY, Kegiatan simulasi dilaksanakan pada tanggal 14 November 2020 bertempat di balai Kalurahan Jatirejo, Lendah. Dalam sosialisasi ini disampaikan mengenai seluk beluk bencana kebakaran mulai dari penyebab kebakaran, sumber kebakaran, jenis-jenis kebakaran, pengenalan alat-alat pemadam kebakaran, SOP kebakaran serta upaya pemadaman api skala kecil.

Untuk lebih meningkatkan kemampuan relawan, ditengah guyuran hujan, disimulasikan pula cara pemadaman api menggunakan mobil pemadam kebakaran.