PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM PEMAKAMAN DENGAN PROTOKOL COVID DI KABUPATEN KULON PROGO

Pada Bulan Desember 2020, Pemerintah Kabupaten Kulon Progo masih memperpanjang Status Tanggap Darurat Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Perpanjangan status tanggap darurat sampai dengan 31 Desember 2020. Hal ini dirasa sangat perlu karena adanya lonjakan kasus pada beberapa hari terakhir.

Penguatan basis masyarakat dalam pencegahan penyebaran Covid-19 sampai dengan dampak bencana terkendali yang dipersiapkan sejak bulan September 2020 menjadi senjata utama dalam rangka penanggulangan Covid-19 di Kabupaten Kulon Progo. Masyarakat wajib mematuhi protokol kesehatan dan mengikuti tatanan hidup baru sesuai dengan Peraturan Bupati No. 44 Tahun 2020.

Salah satu Penguatan basis masyarakat yang akan mulai Bulan Desember 2020 adalah proses pemakaman jenasah dengan menggunakan prosedur Covid-19, baik itu jenasah probable maupun terkonfirmasi positif. Selama ini pemakaman dengan protokol Covid-19 dilaksanakan oleh Tim Gugus Tugas Covid-19 yang melibatkan unsur-unsur dari BPBD, PMI, TNI, POLRI, MDMC, JPM, dan lain-lain. Pada Bulan September 2020 telah dilaksanakan pelatihan dan pembinaan baik oleh Tim Gugus Tugas Kabupaten maupun DIY dalam rangka pemakaman jenasah protokol Covid-19 oleh masyarakat/relawan kalurahan. Dan pada Bulan Nopember 2020 setiap Kalurahan/Kelurahan sudah dialokasikan APD (ware pack) dari Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pada tanggal 2 Desember 2020 terdapat 3 pemakaman yang menggunakan protokol Covid-19.  Ketiga Pemakaman tersebut terdapat di Kalurahan Pengasih, Salamrejo Sentolo dan Wahyuharjo Lendah. Dua Jenasah merupakan pasien dari RS di Kulon Progo sedangkan 1 Jenasah merupakan kiriman dari Jakarta.

Pelibatan Satgas/Relawan Kalurahan dalam ketiga pemakaman ini berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Pelaku utama pemakaman adalah Satgas Kalurahan dengan didampingi Tim Gugus Tugas Kabupaten. Pada akhirnya nanti diharapkan masyarakat mampu melaksanakan proses pemakaman secara mandiri tanpa pendampingan sehingga pelaksanaan tatanan hidup baru yang selama ini diharapkan dapat berjalan dengan baik.