SOSIALISASI PENCEGAHAN DAN PENANGANAN KEBAKARAN RSU RIZKI AMALIA

Temon. Menindaklanjuti surat permintaan dari RSU Rizki Amalia Temon yang disampaikan ke BPBD Kulon Progo tempo hari, pada hari Sabtu (02/09) telah dilaksanakan kegiatan Sosialisasi Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran.

Kegiatan dimulai dari pagi hari yang mengagendakan dua sesi pembelajaran, pertemuan kelas dan praktek. Pertama, peserta diberi pemahaman terkait pengertian, klasifikasi, penggunaan, urgensi penggunaan APAR serta penanganan kebakaran di fasilitas kesehatan.

Selanjutnya peserta diajak ke ruang terbuka untuk sesi simulasi pemadaman penggunaan APAR. Peserta juga ditunjukkan bagaiamana memadamkan api dengan pemadaman sederhana. Sesi ini untuk mempraktekkan teori dan materi yang telah disampaikan pada sesi sebelumnya.

Mengingat peserta kegiatan merupakan pegawai kesehatan yang mengemban tugas K3, urgensi dari kegiatan ini untuk meningkatkan kapasitas dalam penanganan kebakaran di lingkungan RSU Rizki Amalia Temon.

Kami berharap dengan adanya kegiatan ini akan menciptakan kondisi yang aman baik bagi masyarakat pengguna layanan dan atau pegawai serta tenaga kesehatan. Hal ini semakin optimal dengan dilakukanya pelatihan dan simulasi penggunaan alat, seperti kegiatan hari ini. Perlu dilakukan kegiatan simulasi secara rutin dan kontinu untuk membentuk pemahaman dan kesadaran, serta meminimalisir dampak yang ditimbulkan jika ada kebakaran.