PENYUSUNAN INDEKS KETAHANAN DAERAH KULON PROO 2023

Kulon Progo. Telah terlaksana kegiatan FGD penyusunan Indeks Ketahanan Daerah (IKD) tahun 2023 pada hari Kamis (09/11) bertempat di kantor BPBD waktu setempat. Mengundang peserta dari unsur instansi teknis pengampu dan FPRB Kulon Progo, kegiatan dibuka oleh Plt. Kepala Pelasakan BPBD Kulon Progo, Taufiq Prihadi, S.E.

IKD sendiri merupakan komponen penilaian untuk melihat ketahanan (kapasitas) sebuah daerah dalam hal kebencanaan. Hal ini juga berpengaruh pada nilai Indeks Risiko Bencana Indonesia (IRBI), karena hasil dari IKD menjadi salah satu perhitungan dalam IRBI. Semakin tinggi nilai IKD, makin tinggi pula kapasitas yang dimiliki sebuah daerah dan otomatis menekan skor IRBI.

Kulon Progo sendiri memiliki skoring IRBI tahun 2022 yang cenderung turun dari tahun sebelumnya. Artinya ada peningkatan kapasitas atas risiko kerawanan bencana yang ada di wilayah Kulon Progo.

Kegiatan ini difasilitasi oleh FPRB D.I. Yogyakarta yang hadir untuk membersamai peserta. Metode FGD digunakan dalam kegiatan ini, dimana peserta diajak untuk berdiskusi dan aktif dalam pembahasan tema.

Harapan kami hasil keluaran dari penyusunan IKD merupakan kondisi nyata terkait ketahanan/kapasitas dari apa yang ada di wilayah Kulon Progo terkait kebencanaan. Sehingga hasil skoring dapat menjadi data dasar stakeholders terkait untuk pengambilan kebijakan terkait kebencanaan secara tepat. Semoga.