APEL SIAGA RELAWAN KULON PROGO 2023

Kulon Progo. Memasuki musim penghujan tahun ini BPBD Kulon Progo melaksanakan agenda rutin berupa Apel Siaga Relawan wilayah Kulon Progo yang telah terlaksana pada hari Senin (13/11) di Lapangan Kepek Pengasih waktu setempat.

Kegiatan ini merupakan agenda tahunan dalam rangka upaya kesiapsiagaan sumber daya, baik dari segi personil maupun sarana prasarana guna menghadapi potensi ancaman bencana musim penghujan. Dimana keterlibatan berbagai pihak menjadi penting dalam Upaya penanggulangan bencana.

Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini untuk mempertemukan berbagai elemen yang terlibat dalam penanganan bencana serta mengkonsolidasikan rencana dan upaya kesiapsiagaan bencana hidrometeorologi di wilayah Kulon Progo.

Kegiatan Apel ini mengundang berbagai kelompok komunitas relawan, penggiat kemanusiaan, FPRB Kulon Progo, serta pihak-pihak yang terlibat langsung dalam upaya penanganan bencana. Acara dipimpin langsung oleh Ibu Pj. Bupati Kulon Progo, NI Made Dwipanti Indrayanti, S.T., M.T, seabgai Pembina Apel, didampingi oleh jajaran Forkompimda Kulon Progo.

Selain sebagai persiapan memasuki musim penghujan, dalam kegiatan ini dilangsungkan juga ceremonial pengiriman air bersih ke Kalurahan Hargomulyo, Kokap yang dilakukan oleh Ibu Pj, Bupati.

Kelompok dan atau komunitas relawan dari sektor masyarakat memiliki peran besar dalam respon penanganan bencana. Mengacu kepada konsep pentahelix kebencanaan, peran masyarakat menjadi salah satu unsur penopang dalam rangka penanggulangan bencana secara kolektif.

Kami berharap dengan dilangsungkannya kegiatan ini akan membentuk jaringan koordinasi dan konsolidasi terpadu antar sektor dalam upaya kesiapsiagaan bencana hidrometeorologi di wilayah Kulon Progo. Mengingat urusan kebencanaan merupakan tanggungjawab bersama, menjadi penting dilakukan agenda ini, untuk menghasilkan dalam gerak terpadu dan kolektif antar pihak dalam upaya menciptakan keamanan dan ketentraman masyarakat luas.