KULON PROGO TERDAMPAK CUACA EKSTREM

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG memprediksi terjadinya cuaca ekstrem sepekan ke depan di sejumlah wilayah Indonesia. Masyarakat diminta mewaspadai terjadinya sejumlah bencana akibat cuaca ekstrem, seperti angin kencang/ puting beliung, longsor dan banjir.

Adanya tiga Bibit Siklon Tropis, yaitu Bibit Siklon Tropis 91S, 94S, dan 93P termonitor berada di sekitar Samudera Hindia selatan Jawa, Laut Timor, dan Laut Australia menunjukkan pengaruh terhadap wilayah Indonesia bagian selatan. Fenomena tersebut diprakirakan ikut memicu potensi hujan dengan intensitas sedang-lebat yang disertai kilat/angin kencang di sebagian wilayah Indonesia hingga 18 Maret 2024.

Kabupaten Kulon Progo, pada tanggal 14 Maret 2024 sore telah terjadi fenomena hujan lebat yang di sertai angin kencang. Saat ini, 15 Maret 2024 siang di BPBD Kabupaten Kulon Progo telah masuk sekitar 50 laporan kejadian bencana angin kencang yang mengakibatkan pohon tumbang menimpa rumah maupun akses jalan. Sampai berita ini diturunkan, BPBD Kulon Progo masih melaksanakan proses assesment, penanganan dan pendataan dampak bencana yang telah dilaksanakan mulai kemarin petang. Dari 50 laporan yang masuk, sebagian besar pohon tumbang diikuti tanah longsor.

 Selain berdampak pada akses jalan, bangunan pemukiman, bencana ini juga berdampak pada rusaknya jaringan listrik di beberapa lokasi.

Masyarakat diharapkan tetap tenang dan waspada terkait cuaca ekstrem yang mungkin dapat terjadi beberapa hari ke depan. Kepedulian dan peran masyarakat dalam menangani bencana di daerah masing-masing sangat kami harapkan agar proses penanganan dapat berjalan lebih cepat dan masyarakat dapat beraktivitas seperti biasa.